Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Handi, kesan Imlek di Sekadau: Luar Biasa

Sekadau, dermagafm.com - Perayaan Imlek ke 2573 di tahun 2022 ini dirasakan berbeda daripada tahun- tahun sebelumnya oleh warga Tionghoa setidaknya di kota Sekadau, seperti yang diungkapkan oleh beberapa tokoh Tionghoa kepada radio Dermaga FM selasa malam 1 Februari 2022.

Handi, wakil Ketua DPRD dan Ketua DPC Partai Gerinda Kabupaten Sekadau,  juga Ketua Panitia Misa Imlek di Gereja Katolik Paroki Sekadau menyampaikannya kepada Radio Dermaga. 

"Sangat luar biasa pak,..tahun ini beda dengan dua tahun lalu,  tahun ini moment imlex thn 2573 dengan simbol macan air sangat bermakna bagi saya dan keluarga sebagai warga Kabupaten Sekadau dan secara khusus warga Tionghua yang merayakan nya. Suasana terasa sangat sejuk bagaikan mandi di kolam surga." ungkap Handi.

Ungkapan emosional ini karena pengalaman Pak Handi yang dikunjungi oleh warga saat open house terbatas siang hari di rumah pribadinya yang dikunjungi oleh Bupati Sekadau, Aron bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Magdalena Susilawati Aron, Kapolres, Dandim 1204 Sanggau Sekadau,  Kepala Bank Kalbar, anggota DPRD- Jeffray  Raja Tugam, Siauti alias Harianto, Hasan, Ketua KPU Saban, dan sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang. 

"Terasa semangat dan spirit of relationship , rasa persaudaraan yg mengikat erat tanpa batas, dan  momen imlek tahun ini sangat berkesan dan penuh makna, mudah2n utk imlex tahun-tahun seterusnya lebih baik dari tahun ini dgn suka cita etnis Tionghoa yang merayakan nya.. saya melihat imlek di tahun ini Kab Sekadau sudah sangat berubah lebih maju, sejahtera dan berrmartabat dab semoga Tuhan memberkati kita semia..Amin," tambah Pak Handi yang tinggal di Jalan Abadi Gang Mangga ini. 

Hal senada diungkapkan oleh Pak Chau Chung Tung, dan Pak Lie Kuet Sang yang bertanggan dan berdomisili di jln Sekadau  Sintang. 

"Saya dari pagi hingga malam ini tidak sempat keluar rumah karena tamu dan keluarga saya pada datang berkunjung  dan suasananya beda dengan tahun lalu dimana karena covid19 memaksa kita diam di rumah dalam suasana yang tertekan..tapi tahun ini berbeda, " kata Pak Lie Kuet Sang. 

"Saya dan keluarga bisa berkumpul dalam suasana lebih nyaman dibanding tahun lalu. Keluarga besar bisa berkumpul dan merayakan moment Imlek ini dengan suka cita dan untuk itu, saya ucapkan terima kasih pada pemerintah yang sudah bersisah payah mengatasi covid19 ini, dan mudah-mudahan covid19 dengan nama omicorn ini bisa cepat berlalu. Kami warga masyarakat tetap dukung program penanggulangannya, "timpal pak Chau Chung Tung.  

Sekedar diketahui bahwa Shio tahun ini adalah Shio Macan air yang melambangkan kepercayaan China. Shio atau horoskop binatang dianggap dapat memengaruhi hidup seseorang, seperti dikutip dari buku Melejitkan Karier dan Bisnis Berdasarkan Shio ole Lina Wang. Macan air atau shio dari tahun 2022 ternyata melambangkan raja binatang dalam budaya China. M Macan Air dan macan adalah raja binatang dalam budaya China. Macan juga dianggap memiliki kekuatan yang besar, keberanian, serta mengusir kejahatan. (radio Dermaga) 


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya