Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Sekadau Letakkan Batu Pertama Rektorat ITKK Sekadau


Bupati Sekadau letakan batu pertama pembangunan Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang Sekadau, Jumat 20 Mei 2022

Sekadau dermagafm.com - Bupati Sekadau Aron SH meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) yang selanjutnya diberkati oleh Pastor Paroki Sekadau yang secara Katolik, bertempat di Km 4 jln Sekadau-Sintang, Jumat tanggal 20 Mei 2022

Hadir dalam acara tersebut Rektor ITKK, DR. Drs. Masiun, Ketua MUI Sekadau, KH. Mudlaar, Ketua DAD Sekadau Welbertus Willi, Ketua FKUB Kabupaten Sekadau, Paulus Leon, Polres Sekadau, Danramil Sekadau Hilir, Ketua dan Pengurus, Yayasan Musa, BOARD CU  Keling Kumang,  Kepala Dinas Kominfo, Matius John,  Sekretaris Ikatan Sarjana Katolik, Iwan Karantika, Ketua Pemuda Katolik, Abun Tono serta sejumlah undangan penting lainnya. 

Dalam sambutannya Bupati Sekadau, Aron, SH  menyampaikan, bhwa pendidikan menempati posisi penting dalam membangun karakter pembangunan bangsa.

“Peletakan batu pertama pembangunan sebuah gedung, perlu kita maknai sebagai peletakan fondasi berpikir" dan "titik pijak" untuk memulai langkah baru untuk  merealisasikan  pikiran  yang brilian dalam konteks, dimana pendidikan menempati posisi penting dalam membangun karakter sebuah bangsa.  Pembangunan Rektorat ITKK  yang berada di Sekadau, kita  maknai sebagai lahirnya generasi  yang  memiliki integritas keilmuan. ITKK  adalah salah satu sumbangsih pendidikan Keling Kumang dalam memajukan  dan meningkatkan mutu pendidikan di Sekadau dan  dengan kehadiran ITKK, yang nantinya diharapkan akan melahirkan para lulusan yang akan berperan besar terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Sekadau ,”kata Bupati.

“Gagasan mendirikan perguruan tinggi yang memberdayakan masyarakat adat setempat ini sudah lama dinantikan.  Sejarah pendirian  ITKK  merupakan cita-cita para bangsa, pendiri untuk mencerdaskan, mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pendidikan, dengan semangat itu pula  saya mengingatkan kepada kita semua, bahwa kehadiran ITKK  yang berbasis  masyarakat adat  setempat ini memiliki akar historis yang sangat kuat, tidak menutup kemungkinan, bahwa beberapa tahun ke depan banyak orang dari luar daerah yang akan kuliah di sini dan tentu saja tujuannya agar  bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di mana para mahasiswa yang kuliah di ITKK akan terdata di database Pemerintah Kabupaten Sekadau, “jelas Bupati.

“Harapannya, agar IPM Sekadau bisa menyamai IPM kota-kota lainnya yang ada di Kalbar dan kami berharap, dengan adanya kehadiran ITKK dapat menjadi bagian yang menjadi kebanggaan kita bersama dan  kami yakin dengan dibangunnya  Rektorat ini, kepercayaan publik akan semakin meningkat dan semoga antara Pemda Sekadau dan ITKK dapat meningkatkan kerja sama dan bersinergi bagi kemajuan pendidikan di kabupaten Sekadau yang kita cintai ini. Kepada Ketua Yayasan Pendidikan Keling Kumang, civitas Akademika ITKK, sekali lagi, kami mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya,”tutup Bupati.

Pada acara pembukaan tersebut Rektor Institut Teknologi KK  Dr. Dr Stefanus Masiun menjelaskan tentang rencana pembangunan gedung tersebut.

"Kami mulai dengan bangunan utama ini adalah Rektorat lantai 3  ada basement,  lantai 1 itu ruang Rektor dan Wakil-Wakil Rektor, dosen dan ruang pelayanan administrasi, sedang lantai 2 itu ruangan-ruangan kelas kampus, lantai 3 itu ruang pertemuan.  Masa pembangunan yang diperkirakan satu tahun setengah akan jadi bangunan ini. Tahun 2024 ITKK akan melakukan akreditasi itu adalah satu persyaratan penting dalam akreditasi itu adalah ketersediaan sarana prasarana dan pada tahun 2025  acara wisuda pertama kami dan diharapkan sudah memiliki akreditasi yaitu B, "ujar Masiun yang juga Ketua Board of Director BOD-Ketua CUKK ini. 

Rektor ITKK juga menyampaikan informasi mengharapkan masyarakat turut serta mensosialisasi keberadaan ITKK ini. 

"Pada kesempatan ini saya meminta kesedihan Bapak Ibu untuk bersama-sama kami mensosialisasikan keberadaan ITKK, dan mendorong anak-anak muda kita untuk melanjutkan studi di institusi Teknologi Keling Kumang dan tahun ini tahun kedua kami menerima mahasiswa baru dengan3  Program  Studi (prodi), Prodi Agro Teknologi Prodi rekayasa komputer dan yang ketiga itu adalah Prodi kewirausahaan,"sambungnya.

Acara selanjutnya adalah doa dan pemberkatan secara Katolik di lokasi pembangunan dan peletakan tiang pertama oleh Pastor Paroki Sekadau.  (Ika) 

Editor Drs.Nico Bohot

Info ini bisa disimak di 100,9 radio Dermaga Sekadau atau di dermagafm.com.


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya