Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Kades Alianto : Bangun Perongkan Perlu yang ini

Alianto, Kades Terpilih Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu.
Sekadau, dermagafm.com - Pembangunan apapun,  dimana pun, semuanya perlu partisipasi dari berbagai fihak, demikian pula  pembangunan di sebuah desa. Nah untuk menumbuhkan partisipasi ini perlu strategi di antaranya pendekatan dengan tim terdekat yaitu para staf desa, BPD dan tokoh masyarakat desa lainnya.

Ini yang terungkap dalam perbincangan sy pak Nico radio dermaga dengan Kades Perongkan, Alianto, di sela-sela kegiatan lokakarya mini stunting Kecamatan di Rawak, 27 Oktober 2022.

"Saya masuk kantor sebagai kepala desa setelah pelantikan, tanpa dukungan staf desa, karena aparatur desa mengundurkan diri, namun saya tetap bekerja. Saya konsultasi dengan Camat dan karena dukungan moril saya tetap bekerja. Saat ini saya masih menunggu respon para staf lama apakah mereka akan berkomunikasi balik dengan saya, Memang sekarang sedang proses pengangkatan Sekdes sambil saya menunggu sampai batas tertentu,"ujarnya .

Pak Kades juga mengatakan bahwa saat ini situasi Pilkades sudah lewat dan tidak ada lagi dukungan untuk nomor 1 atau nomor 2,  Kades yang terpilih dan telah dilantik adalah Kades untuk semua warga desa di Perongkan.

 "Saya hadir sebagai kepala Desa di desa ini atas nama desa Perongkan , untuk semuanya, makanya saya mohon dukungan semua dusun, semua element, tentu aparatur juga minta dukungannya," jelasnya.

Menurut Kades, sebenarnya situasi geografi, demografi, kultur di Desa Perongkan ini sudah tidak asing bagi dirinya sebab sudah 15 tahun mengabdi di desa tersebut mulai dari staf desa, kaur, kemudian jadi sekretaris definitif Desa, plus menjabat sebagai PLT Desa selama 5 tahun. Desa ini terdiri dari 6 dusun, di antaranya Dusun Perongkan, Dusun Sejirak, Dusun Lamao, Dusun Penepah, Sukadani

"Asam garam sudah banyak dirasakan di desa ini. Maka saya tahu dimana persoalan dan khusus infrastruktur jalan antar dusun yang belum pernah dibantu oleh perusahaan yang beroperasi di sekitar desa kami, yaitu perusahaan MJP yang hampir 50% wilayah desa ini dikuasainya. Inilah yang menjadi tantangan,  pertama  infrastruktur jalan dari desa Dusun Penepah Sukadani kampung saya menuju jalan Kecamatanm Itu jalanya lebih parah di bandingkan Perongkan ke simpang jalan kabupaten,  kasihan sekali warga di sana yang mau keluar, jalan di sana jalan tanah biasa.  kemudian dari dusun Perongkan menuju kantor desa di Sejirak ini  memang sulit dilalui apa lagi di musim hujan saat ini, " jelasnya.

Kepala Desa juga berharap kepada pihak perusahaan,  juga kepada pemerintah terkait, serta wakil rakyat untuk memperhatikan kondisi jalan di desa dan mengatakan bahwa masyarakat desa ini siap terus berpartisipasi seperti yang terjadi saat ini. 

Editor : Penjab Radio Dermaga.

Info ini bisa disimak di radio dermaga 100,9FM dan bisa juga disimak di medsos radio dermaga, di hp android, klik dermagafm.com





Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya