Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Ada Apa? Tim Dirjen Kemendikbud RI datangi Radio Dermaga

Foto bersama pasca pembuatan  video Profil radio sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2022

Sekadau, dermagafm.com - Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengutus tim teknis ke Radio Dermaga Sekadau, sebagai salah satu  calon penerima Anugerah  Kebudayaan Indonesia (AKI) tahun 2022. Tim yang diketuai  M.Arif Kurniawan ini berjumlah 5 orang dan datang ke Radio Selasa 15 November 2022.

Seperti yang tertuang surat No.1558/KB.11.05/2022 yang ditujukan kepada 7 calon penerima AKI di 5 Propinsi ini yakni dalam dalam rangka memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang berkontribusi untuk pemajuan kebudayaan Indonesia yang akan diberikan kepada tujuh calon penerima dari 5 provinsi di Indonesia yang sudah melewati seleksi administrasi dan seleksi substansi, maka perlu dilakukan verifikasi lapangan serta dokumentasi pembuatan video profil bagi calon penerima. 

Kegiatan verifikasi faktual ini didampingi oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga,  pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Sekadau, Nazur Yardana beserta beberapa stafnya, juga hadir beberapa anggota fans club radio Dermaga.

"Kedatangan kami dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Jakarta bertujuan memantau langsung di lapangan seperti apa kegiatan radio ini khususnya yang terkait dengan pemajuan budaya dan kami lakukan verifikasi faktual atas dokumen-dokumen yang dikirim melalui dinas terkait kepada panitia penyelenggara di Jakarta beberapa waktu lalu. Dokumentasi yang dimaksud dalam bentuk video wawancara dengan pimpinan radio, "ujar Arif Kurniawan.

Pendokumentasian video dalam wawancara dilakukan di ruang siaran dan diarahkan langsung oleh I Komang Sukayasa sebagai tim teknis.

Dalam wawancara tersebut pimpinan radio Dermaga menjelaskan secara rinci sejarah pendirian radio dari awal sampai dengan peralihan radio ke frekuensi FM 100,9 MHz. Kemudian visi misi radio dan latar belakang pendiriannya serta latar belakang orientasi radio ini ke arah pelestarian dan kemajuan budaya lokal serta lingkungan hutan Kalimantan.

"Segmen radio ini memang umum, namun mengingat keberadaan radio ini berada di tengah-tengah pulau Kalimantan beserta masyarakat adatnya  maka layak juga diperhatikan keberadaannya dan dirancanglah program bersama pendengar, yaitu "gong masyarakat adat," tahun 1996 dimana ada acara ngumpul bulanan dengan para tetua masyarakat dan pendengar radio dengan berbagai topik bahasan budaya salah satu tradisi lisan. Sedangkan penyiaran setiap sore dilakukan relawan dari berbagai suku dengan bahasa daerah nya masing-masing secara bergiliran,"kata Nico yang sudah tekuni bidang penyiaran radio sejak 1 Juli 1994 sampai sekarang ini.

"Karena satu-satunya radio siaran di kabupaten ini bahkan sebelum kabupaten ini berdiri, kami  menyiarkan juga info kegiatan pembangunan dan berbagai informasi dari lainnya sebagaimana fungsi sebuah radio untuk hiburan, pendidikan dan informasi dan untuk program siaran kearifan lokal terus berlanjut, difokuskan pada hari Sabtu dan sore harinya dengan menyiarkan lagu-lagu daerah dan berbagai informasi budaya termasuk mengundang narasumber dan siaran ini masih ada sampai sekarang, "tambah Nico, alumnus Filsafat Unpar Bandung tahun 1990 lalu.

Pimpinan radio Dermaga juga menunjukan hasil dokumentasi audio dan visual aktivitas siaran dan liputan budaya di lapangan yang sudah terdokumentasi dalam bentuk buku cerita rakyat dan dan beberapa buku profil desa yang berisi sejarah kampung, budaya dan kondisi soal yang sebelumnya menjadi materi siaran.

Selaku pimpinan, Nico juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Sekadau khususnya Kepala Dinas Diporapar dan Kabid Kebudayaan beserta staf yang telah mengikut sertakan radio Derap Marga Dirgantara  dalam ajang AKI tahun ini.

Terima kasih pun disampaikan secara khusus kepada tim verifikasi dari Kemdikbud Jakarta atas kedatangan ke radio Dermaga, yaitu M.Arif Kurniawan, Rizky Ernadi, Pras. Samuel, dan I Komang  Sukayasa. (Ika)

Editor: Penjab Radio.

Info ini bisa disimak di 100,9 FM Radio Dermaga atau di dermagafm.com melalui hp android anda..



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya