Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Wabup Buka Lokmin Kecamatan


Pembukaan Lokakarya Mini Percepatan Penurunan Stunting Kecamatan Sekadau Hulu, berlangsung di aula Desa Rawak Hulu.
Sekadau, dermagafm.com - Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu, termasuk locus tertinggi angka stuntingnya. Hal ini dikatakan oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio SH, MH, dalam acara pembukaan lokakarya mini stunting Kecamatan di Rawak pada hari Kamis 27 Oktober 2002. 

Acara lokmin itu sendiri dihadiri Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan, Budi Mustika S.Kp, MM, BKKBN, Muspika,  14 kepala desa dari 15 kepala desa yang ada di kecamatan Sekadau Hulu,  diikuti juga oleh TPK tim pendamping kesehatan dari setiap desa.

Wakil Bupati Sekadau mengatakan bahwa sudah 6 Kecamatan yang melakukan lokakarya Mini untuk percepatan penurunan stunting di kabupaten Sekadau dan hanya satu Kecamatan yang belum yaitu Kecamatan Belitang.

"Untuk itu saya minta dukungan kepada semua pihak terutama semua kepala desa untuk bersama-sama TPK dinas kesehatan dan kabupaten dan Kecamatan untuk bekerja keras menurunkan angka stunting ini dari 26,5% menjadi 20% di akhir tahun 2022 dan 14 % di tahun 2024,"jelas Wabup.

Wakil Bupati menekankan partisipasi ibu-ibu dalam kegiatan posyandu, aktifnya KPM kader pembangunan manusia, TPK,  karena ini menjadi salah satu kunci suksesnya program ini.

"Ini disebut konvergensi yaitu pendekatan penyampaian intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terintegrasi, dan bersama-sama untuk mencegah stunting mulai dari remaja putri yang mau menikah, masa kehamilan dan 1000 hari kehidupan,"jelas Wabup.

Terkait dengan informasi tentang angka stunting di Desa Perongkan,  Kepala desa terpilih Desa yaitu Alianto mengamini kondisi yang ada di sana,  walaupun realitas di lapangan belum bisa dipastikan demikian karena menurut data yang disampaikan sebelumnya ada 2 kali pengukuran tinggi badan, namun tidak ada kesamaan atau hasilnya berbeda. Walau demikian Kepala Desa Perongkan akan tetap memprioritaskan program percepatan penurunan stunting ini. 

"Sebagai Kepala Desa yang baru dilantik saya tentu mendukung pemerintah program pemerintah ini. Namun saya akan melengkapi tenaga staf desa,  mulai dari staf sampai dengan sekdes karena saat ini masih kosong,  staf desa lama belum aktif sampai saat ini, hingga saya belum bisa bergerak maksimal untuk kegiatan penurunan stunting ini namun saya siap melaksanakannya bersama dengan staf desa dan dukungan masyarakat,"jelas Alianto, yang selama 5 tahun sebagai Sekdes sekaligus Plt Kades Desa Perongkan ini.

Editor Pimpinan Radio Dermaga 100,9 FM 

INFO INI BISA DISIMAK DI P RADIO DERMAGA SEKADAU ATAU di medsos radio:  dermagafm.com 



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya