Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Bupati Tutup PGD XII Kabupaten Sekadau: Dukungan masyarakat Luar Biasa

Bupati Sekadau saat berikan sambutan
Sekadau, dermagafm.com - Pekan Gawai Dayak XII yang dibuka hari Selasa tanggal 18 Juli  2023, setelah berlangsung selama 5 hari,  akhirnya ditutup secara resmi oleh Bupati Sekadau pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 malam hari. 

Turut hadir tamu undangan khusus yaitu Lazarus S.Sos, M.Si, Ketua Komisi V DPR RI, yang baru pertama kali datang pada upacara Penutupan Gawai di Kabupaten Sekadau. Juga hadir Wakil Bupati Sekadau dan Anggota DPRD Propinsi Musa,  Kapolres dan Dandim Sanggau Sekadau, Ketua serta anggota DPRD Kabupaten Sekadau,  juga hadir sejumlah SKP Kabupatenn Sekadau, Ibu Magdalena Susi Aron, serta Ibu Wakil Bupati.

Gawai Dayak Kabupaten Sekadau ini, menurut Lazarus merupakan gawai terbaik di Kalimantan Barat dan Pemerintah Daerahnya selalu memperhatikan dan mensuport Gawai ini dengan baik.

"Karena Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau ini sejauh yang saya lihat sendiri, di mana masyarakat yang hadir paling tidak ada sepuluh ribu banyaknya dan selama Gawai tidak ada masalah yang mengganggu kelancarannya. Maka saya berharap selaku Pembina DAD Propinsi Kalbar, bahwa Gawai Dayak nanti bisa dijadikan event pemerintah, di mana pemerintah tetap bekerjasama dengan DAD Kabupaten Sekadau dan yang lebih penting lagi jangan sampai uang menjadi masalah ke depan, sebab ini adalah satu-satunya cara kita sebagai orang Dayak melestarikan kebudayaan Dayak lewat Gawai,"ujarnya.

Atas ijin Bupati Sekadau, Lazarus kemudian membantu Panitia dengan dana sebesar liam puluh juta rupiah dan ini disambut dengan gembira oleh panitia dan masyarakat Kabupaten Sekadau.

Sebelumnya, Ketua Panitia Martinus Siden menyampaikan latar belakang kegiatan PGD XII, peserta yang ikut berpartisipasi dan lomba yang ditampilkan serta menyampaikan peroleh terbaik dari para kontingen, sanggar dan peguyuban.

"Terima kasih kepada semua semua warga masyarakat yang hadir pada acara penutupan ini, juga kepada Pastor Paroki Sekadau yang sudah menyediakan betang Youth Centre sebagai area perhelatan PGD, kepada pihak Polres dan TNI serta bagian keamanan panitia, terima kasih kepada Pemerintah. dan sepintas kami sampaikan bahwa Kontingen yang memperoleh 5 emas adalah kontingen DAD Kecamatan Sekadau Hilir,"katanya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DAD Kabupaten Sekadau Jefrai Raja Tugam dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, para donatur yang telah mensyukseskan event gawai ke-12 Kabupaten Sekadau. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kelancaran acara Gawai Dayak ini,kepada pemerintah, kepada Kapolres, Dandim, kepada Ketua Panitia dan anggotanya, kepada para donatur dan kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi aktif sehngga gawai ini bisa berjalan dan akhir ditutup dengan resmi oleh Bupati Sekadau,"ujarnya.

Sementara itu, Bupati sekadau, Aron SH dalam sambutan penutupan mengatakan bahwa pada Proses pembukaan ritual-ritual yang ditampilkan pada kita luar biasa dan Bupati juga menyampaikan bahwa pada pertemuan dengan para Ketua DAD Kecamatan dan DAD Kabupaten di rumah Dinas Bupati telah menetapkan bahwa Kepanitiaan PGD tahn 2024 dipercayakan kepada Suku Mentuka.

"Ritual pembukaan yang dibawakan oleh Suku Kerabat luar biasa dan terima kasih kepada seluruh warga Kerabat yang sudah mensuport PGD ini, terima kasih kepada adik-adik dari DAD Kecamatan, Sanggar dan Peguyuban yang juga membantu menyukseskan semua rangkaian kegiatan Gawai ini dan tahun depan, Gawai dipercayakan kepada Suku Mentuka, dan ini sesuai dengan hasil pertemuan dengan para Ketua DAD Kecamatan dan DAD Kabupaten,"ujar Bupati.

Setelah acara penutupan, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah para pemenang lomba hingga tengah malam. (FJ) 

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100,9 FM atau di medsos dermagafm.com

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya