Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Simak : Bupati Resmikan Dan Uskup Berkati Gereja Katolik Biang Marau.

Foto: Bersama di Gereja Santo Petrus Stasi Biang Marau.

Sekadau, dermagafm.com - Bupati Sekadau Aron SH meresmikan dan Uskup Sanggau Mgr.Valentinus Saeng CP,  memberkati Gereja Santo Petrus Stasi Biang Marau pada hari Minggu 22 Oktober 2023.

Acara peresmian gereja yang diikuti oleh seluruh Umat Katolik ini dihadiri juga oleh  Ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus S.Sos.M.Si, anggota Komisi X DPR RI Adrianus Asia Sidot, anggota DPRD kabupaten Sekadau Yohanes Ayub dan Hasan, serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Camat dan Muspika Nanga Taman, Pastor Paroki Nanga Taman, Bruder dan para suster.

 Acara dimulai dengan upacara penyambutan tamu dengan upacara adat pancong buluh muda di pintu gerbang,  selanjutnya rombongan diarak dengan tarian adat menuju gedung gereja,   Setelah memasuki halaman gereja, Uskup Mgr.Valentinus Saeng CP menerima kunci Gedung Gereja dari panitia pembangunan dan selanjutnya Bupati dan Uskup menandatangani sertifikat peresmian sebagai dokumen resmi bagi Keuskupan dan Pemda sekadau. Acara selanjutnya pembukaan plang nama Gereja dan pemukulan Gong oleh Bupati dan pemberkatan gereja oleh Uskup Sanggau.

“Gereja ini sudah diresmikan dan dipergunakan untuk beribadat, .jangan gereja ini hanya menjadi milik ibu-ibu dan anak-anak saja sementara bapaknya pergi ke tempat lainnya, dan saya berharap agar umat Katolik bisa merawat gereja ini dengan baik,”kata Uskup yang disambut dengan tepuk tangan dari semua umat yang hadir.

Dalam misa peresmian Gereja ini, dilakukan juga penerimaan sakramen Krisma untuk 30 umat Katolik setempat.

Dalam sambutannya setelah selesai Misa, Pastor Paroki Nanga Taman, Pastor Maksi Sihabit CP mengucapkan terima kasih kepada Bapak Uskup, Bupati dan Panitia serta kepada umat dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Terima kasih kepada Bapak Uskup Sanggau, Mgr Valentinus yang sudah memberkati gedung gereja ini, terima kasih kepada Bapak Bupati Sekadau yang sudah meresmikannya. Terima kasih kepada Umat Katolik dan Panitia Stasi Biang Marau yang sudah bekerjasama membangun gedung Gereja ini, juga terima kasih kepada Bapak Lasarus, Bapak Adrianus, anggota DPR RI, juga kepada Pak Hasan serta pak Ayub, anggota DPRD Kabupaten sekadau yang sudah datang untuk acara ini,”ujar Pastor.

Foto: rangkaian kegiatan di Gereja Santo Petrus Stasi Biang Marau 

Sementara itu, Bupati Sekadau Aron SH menyampaikan bahwa pemerintah daerah kabupaten Sekadau setiap tahunnya selalu memberikan dana hibah untuk rumah ibadah semua agama dan jumlahnya kita sesuaikan dengan dengan persentase jumlah penduduk umatnya. Bupati Aron juga berharap Umat Katolik harus tetap rajin beribadat di Gereja ini jangan sampai gereja ini hanya diisi oleh ibu-ibu serta anak-anak saja.

“Perlu umat ketahui bahwa setiap tahun pemerintah daerah kabupaten Sekadau selalu memberikan bantuan untuk gereja-gereja dan juga untuk agama lainnya sesuai dengan porsi jumlah penduduk dan Pemerintah memastikan bahwa setiap gereja yang ada di kampung-kampung harus bagus dan representatif dengan tujuan supaya umat makin rajin ke gereja,”harap Bupati.

“Saya merasa bangga karena melihat partisipasi umat Biang Marau yang menyumbangkan 172 juta dari dana pembangunan 400 juta ini untuk pembangunan gereja, mari kita beri applause,” puji Bupati.

Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Valentinus dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada pastor Paroki Ng Taman, kepada Bupati Sekadau atas kerjasama yang baik ini hingga gereja Santo Petrus ini bisa diresmikan.

“Terima kasih kepada Pastor Paroki Nanga Taman yang sudah membantu umat di sini, terima kasih juga kepada Bupati Sekadau yang sudah membantu masyarakat dan umat di Kabupaten Sekadau  makin banyak yang memiliki gereja yang bagus,”tegas Uskup.

“Saya mengapresiasi partisipasi umat dari dusun Bang Marau ini sangat tinggi, sebab dengan 80 KK bisa sumbangkan 172 juta, belum ada hal seperti itu di tempat lainnya dan saya harap ini bisa dipertahankan di kemudian hari sebagai contoh bagaimana umat bisa membangun gerejanya sendiri...

“Yang kedua yang mau saya nyatakan bahwa karena kita masih di dalam tahun politik maka kita masing-masing haris menjaga di mana kita harus berbicara, silahkan nanti pada waktunya,anda sendiri bisa melihat siapa nanti yang bisa mewakili suara Anda,”ujar Uskup.

Uskup juga menyatakan kebanggaannya atas perwakilan orang Katolik di DPR-RI, DPRD Proponsi dan Kabupaten.

“Maka saya nyatakan bahwa saya sangat bangga karena sudah banyak umat Katolik yang menjadi contoh sebagai wakil rakyat yang membantu membangun komunikasi dengan baik dengan pihak Gereja Katolik, terima kasih atas sumbangsih anda sekalian,”tutupnya. 

Editor: PenJab radio

Info ini bisa didengarkan melalui radio Dermaga 100,9 FM atau di HP anda, klik dermagafm.com, tekan tanda playnya...

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya