Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Suku Dayak Taman Kabupaten Sekadau adakan MUSDAT ke - 3

Foto: Suku Dayak Taman Kabupaten Sekadau , MUSDAT ke - 3

Sekadau, dermagafm.com - Suku Dayak Taman Kabupaten Sekadau, menyelenggarakan Musyawarah Adat Dayak ke-3 yang berlangsung di aula kantor camat kecamatan Nanga Taman,  pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023.

Tujuan MUSDAT ke-3 kali ini adalah peluncuran Buku Adat Suku Dayak Taman Kabupaten Sekadau. Hal ini dikatakan oleh Temenggung Suku Dayak Taman, Drs.Yosep Alim kepada Media Radio Dermaga saat meliput kegiatan tersebut di Nanga Taman.

"Kami panitia mengundang seluruh perwakilan suku Dayak Taman yang tersebar di 8 desa di kecamatan Nanga Taman sendiri dan kecamatan Sekadau Hulu,  yang berjumlah 100 orang dan tujuan kami adalah ingin mendapatkan saran kritikan dan perbaikan, sebelum peluncuran buku Adat Suku Dayak Taman," katanya.

Menurut Temenggung Adat Suku Dayak Taman yang juga caleg Dapil 2 ini, Tim sudah bekerja dengan bijaksana dengan koordinatornya dipercayakan kepada Paulus Misi, S.Pd M.Si dibantu oleh beberapa rekan lainnya.

Memasuki bagian akhir dari musyawarah adat akhirnya disepakati bersama bahwa buku adat Dayak suku Taman ini perlu diluncurkan setelah dikoreksi direvisi dan akhirnya buku tersebut diluncurkan.

"Presentasi Buku Adat Suku Dayak Taman, Kab,Sekadau kini sudah dikoreksi, direvisi, disetujui dan diputuskan, ditetapkan sebagai buku adat, terkait adat istiadat, hukum adat dan budaya dengan tujuan memaksimalkan tugas fungsi fungsionaris adat, penegakan ADAT,dan menjaga ketenteraman dan kedamaian masyarakat adat, kesempatan ambil bagian dalam peran mengayomi masyarakat dan harapannya buku tersebut nantinya sebagai rujukan dan pedoman,"katanya.

Pada bagian akhir sebelum peluncuran dilakukan penandatanganan oleh 4 orang anggota Tim Penulis yaitu Alim sebagai Temenggung Adat, Paulus Misi sebagai Ketu Tim, kemudian  Y. Ajau sebagai perwakilan Mentri Adat dari 8 Desa dan Raliyadi sebagai perwakilan Tokoh Masyarakat tokoh adat.

Setelah acara ditutup dengan resmi, kemudian dilanjutkan dengan perbincangan internal antara tokoh masyarakat Suku Dayak Taman yang saat ini sedang menyiapkan diri sebagai Calon Legislatif, di antaranya Suhardi untuk Calon Legislatif Propinsi dari Partai Perindo, Drs Yosep Alim dari Partai Demokrat untuk Dapil 2 serta beberapa calon lainnya.

Editor penJab radio.

Info ini bisa didengarkan melalui dermaga 100,9 FM dan melalui HP Android Anda,  klik dermaga fm.com.



Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya