Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Simak Pesan Mingguan Pastor Martinus

Sekadau, dermagafm.com - Peran kita sebagai umat katolik Minggu ini sesuai dengan bacaan-bacaan hari Minggu  adalah menjadi tamu yang diundang ke pesta perkawinan yang sebaiknya menggunakan pakaian pesta supaya diterima sebagai tamu yang baik.

Hal ini dikatakan oleh pastor Paroki Sekadau saat menyampaikan Khotbah dan saat wawancara singkat pada hari Minggu pada misa tanggal 15 Oktober 2023.

Renungan Misa Minggu berdasarkan Injil Matius Bab 22: 1-14 yang mengisahkan orang yang diundang ke pesta perkawinan sebaiknya menggunakan pakaian pesta.

Pastor Martinus menjelaskan bahwa ada beberapa kelompok manusia yang diundang dalam bacaan Injil ini. Kelompok pertama adalah mereka yang mendapatkan undangan Tuhan. Mereka ini sebenarnya merasa bersyukur bahwa Sang Tuan menyiapkan segalanya dan hanya menanti kedatangan mereka untuk berpesta. Namun, berbagai alasan membuat mereka menolak hadir dalam perjamuan tersebut. Yang lebih menjengkelkan Sang Tuan adalah mereka malah membinasakan utusannya. Kelompok ini mewakili situasi kita yang kadangkala menolak kesempatan untuk bertemu Tuhan. Kita bisa saja memiliki berbagai alasan untuk tidak bertemu Tuhan. Konkritnya, ketika ada kesempatan untuk berdoa atau kegiatan rohani, kita selalu memiliki alasan untuk menghindarinya. Atau kita menolak dan marah bila ada orang yang mengajak kita untuk berpartisipasi. Tuhan menjadi sedih karena kita menolak rahmat yang menyelamatkan kita.

Pastor yang berasal dari Tapang Perodah ini lebih lanjut mengatakan bahwa ada kelompok kedua, orang yang menerima undangan. Kelompok kedua ini adalah kelompok yang menerima undangan. Mereka memang antusias untuk datang. Sayangnya, di antara mereka ada yang tidak berpakaian secara pantas untuk menghadiri acara resmi tersebut. Mereka ini membuat Sang Tuan pesta kecewa dan marah, karena untuk mereka yang paling penting adalah pesta atau makanan dan bukan Sang Tuan. Salah satu cara menghargai Sang Tuan pesta adalah dengan berpakaian yang pantas. Kelompok ini mewakili situasi kita yang kadangkala mengikuti undangan Tuhan tetapi memiliki motivasi lain. Kita mengikuti kegiatan rohani tetapi bukan dengan motivasi untuk bertemu Tuhan. Bisa saja karena kita mau bertemu orang lain, atau motivasi material lainnya.

Ini juga merupakan kritikan bagi kita yang kadangkala memakai sarana kegiatan rohani untuk kepentingan kita sendiri.

Pesan injil pun menjadi jelas. Kita hendaknya menanggapi undangan Tuhan dan memiliki hati yang terbuka untuk bertemu-Nya. Kita meluangkan waktu kita untuk bertemu Tuhan dalam setiap situasi hidup yang kita alami dan di tengah kesibukan harian kita. Semoga!

Editor: PenJab Radio


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya