Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Uskup Sanggau Lantik DPP Paroki Sekadau, Ini Pesannya

Foto bersama pasca pelantikan dan Misa
                               Syukur di Gereja Agung Paroki Sekadau, 
                                              Minggu, 19 November 2023.

Sekadau, dermagafm.com - Mgr. Velantinus Saeng CP, Uskup Sanggau, secara resmi melantik  DPP atau Dewan Pastoral Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, bertempat di Gereja Agung Sekadau, pada hari Minggu tanggal 19 November 2023.

Turut hadir pada acara pelantikan dan misa syukur hari Minggu tersebut, Bupati Sekadau Aron SH bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Nyonya Magdalena Susilawati Aron.

Acara pelantikan tersebut dimulai pada pukul 08.00 dan di awali dengan sambutan pastor paroki Sekadau, Pastor Martinus CP, menjelaskan dimana peran Dewan pastoral Paroki dan badan pengurus Gereja adalah orang-orang yang turut berpikir, bertindak mengembangkan kehidupan menggereja di Paroki Sekadau.

Foto; penyerahan SK DPP dari Uskup kepada Pastor Paroki

"Pada kesempatan ini saya dengan hormat mohon Bapak Uskup untuk segera melantik anggota DPP agar nantinya dapat menjalankan tugas mereka sebagaimana yang diharapkan oleh umat agar kami semua dapat menjalankan tugas pelayanan ini dengan bertanggung jawab dan bekerjasama satu dengan yang lain,  saling mengisi dan saling meneguhkan sehingga perkembangan iman umat di Sekadau semakin teguh dan semakin mantap,"ujar Pastor. 

Sementara itu, Mgr Valentinus menjelaskan bahwa dalam hukum  Kanonik 365 dikatakan jika dianggap perlu oleh Uskup maka Uskup dapat membentuk dewan pastoral Paroki yang diketuai oleh pastor Paroki untuk membantunya dalam reksa pastoral. Ini perintah gereja.

"Maka dimulai dengan periode saya ini,  DPP yang sudah jatuh tempo,  kita mulai dengan format baru sesuai dengan hukum Kanonik maka Ketua DPP  adalah pastor paroki dan wakilnya Pastor rekannya, anggotanya dipilih oleh kalangan awam yang dianggap cakap,  berpengalaman dan punya hati untuk urusan gereja sebab  pelayanan gereja tugasnya membantu pastor paroki dalam merancang, membina mengelola reksa pastoral Paroki dan mengevaluasi semua pelayanan yang ada,"kata Uskup.

Terkait dengan pelantikan Badan Pengurus Gereja oleh Pastor Paroki, Bapak Uskup menegaskan bahwa BPG itu memang dilantik dan bertanggung jawab kepada Pastor Paroki.

"BPG dilantik oleh Pastor Paroki dan bertanggung jawab kepada pastor paroki dan tugas saya sebagai Uskup hanya bisa memecat pastor paroki dalam hal ini sebagai ketua dewan pastoral Paroki jika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh pastor paroki dan Pastor Paroki juga  bisa memecat seksi-seksi yang ada dalam Badan pengurus Gereja, jika dianggap bermasalah berat,"ujar Uskup asal Belitang ini.

Kepada anggota DPP, Uskup Sanggau mengharapkan agar terjalin kerjasama yang baik dengan pastor paroki.

"Saya meminta kepada anggota DPP yang berjumlah 5 orang ini sungguh bekerja sama dengan Pastor Paroki, merencanakan reksa pastoral Paroki.Karena itu seksi-seksi yang ada dalam Badan pengurus Gereja harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dalam masyarakat Katolik dan representasi pengurus umat di kampung dan di Kring,"tutupnya.

Sebelum misa ditutup dengan berkat penutup, Bupati Sekadau, Aron SH diminta menyampaikan sambutan yang intinya mengucapkan selamat kepada DPP  dan Badan pengurus Gereja yang baru saja dilantik dan dikukuhkan oleh Bapak Uskup. (I)

Editor: PenJab Radio

Info ini bisa disimak di radioDermaga 100,9 FM atau bisa didengarkan melalui HP anda dengan klik dermagafm.com,lalu tekan tanda play


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya