Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Baca Perkembangan Paroki Sekadau Tahun 2023: Laporan Pastor Paroki Sekadau

Sekadau, dermagafm.com - Pastor Paroki Sekadau Pastor Martinus CP dalam acara akhir tahun saat misa penutupan tahun 2023 lalu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau dan kepada umat Katolik di Paroki Sekadau atas perkembangan umat Katolik di Paroki Sekadau selama masa jabatan sebagai pastor paroki Sekadau.

Kepada media ini, pastor paroki Sekadau Pastor Martinus CP menyampaikan bahwa secara umum dirinya dilantik tanggal 1 Mei 2023 dan baru efektif bekerja bulan Juni 2023 yang lalu.

"Pada tanggal 12 Agustus 2023 pembentukan DPP dan BPG (Badan Pengurus Gereja) periode 2023-2026. Pelantikan baru terlaksana pada tgl. 19 November 2023,"ujarnya.

Pastor Martinus CP menyampaikan bahwa beberapa agenda besar telah dilaksanakan: seperti Pesta 25 tahun imamat Mgr. Valentinus Saeng, CP dan 7 orang imam Pasionis, 2 orang imam projo dan satu imam SBD sedangkan kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional dengan panitianya sudah berjalan dengan baik, demikian juga kursus Persiapan Perkawinan dan kegiatan Gebyar Natal yang berkerjasama dengan pemerintah kabupaten Sekadau. sedangkan acara Natal untuk anak-anak sekolah Minggu dilakukan pada tgl. 26 Desember 2023.

Sementara untuk pembangunan fisik yaitu pembangunan WC Gereja Agung, kemuliaan pembuatan Lemari dan perlengkapan Sakristi Gereja Agung;

"Untuk renovasi gedung Gereja Santo Petrus dan Paulus berupa pengecatan dan renovasi Gereja St. Petrus dan Paulus J1. Merdeka Barat, juga Pengecatan Pagar gereja serta pembangunan Gereja di Stasi-stasi: Serirang; Seguri Merah Air,"tambah Pastor.

Sedangkan perkembangan umat Katolik di Paroki Sekadau hingga akhir Desember 2023, pastor juga menyampaikan bahwa ada 34 kampung atau stasi dan 14 kring dlm kota Sekadau yang dilayani oleh 2 pastor.

"Jumlah Kepala Keluarga sebanyak 10.630 dengan jumlah umat 19.170 orang, sedangkan yang dibaptis sejak Januari hingga Desember sebanyak 378 orang, yang pindah paroki ke Sekadau sebanyak 45 org ...meninggal dunia 52 orang, yang menerima komuni pertama 342 orang, sedangkan yang menerima Sakramen Krisma 366 orang dan perkawaninan Katolik sebanyak 131 pasang dan terakhir yang pindah ke Paroki lain' 1 orang,"tutup Pastor

Editor PenJab Radio Dermaga

Info ini bisa disimak melalui radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com


Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya