Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Jumat Agung, Apa Maknanya bagi umat Katolik?

Acara Tablo Di Gereja Katolik St Petrus dan Paulus Sekadau.
Sekadau, dermagafm.com - Umat Katolik di kota Sekadau merayakan hari Jumat Agung tanggal 29 Maret 2024 sebagai peringatan hari Sengsara dan wafat Tuhan Kita Yesus Kristus. Upacara Peringatan ini dilakukan di dua Gereja pada jam yang berbeda, yakni di Gereja Agung dilakukan pada pukul 15.00 dan di gereja Sto Petrus dan Paulus dilaksanakan pada pukul 18.00 yang berakhir pukul' 20.30.

Di Gereja Sto Petrus dan Paulus, acara ini dipimpin oleh Pastor Yohanes Paulus dengan Koor dari Kring Sto Benediktus dan Kisah Sengsara atau disebut Pasio dibawakan oleh anak OMK yang berasal dari Kring Sto Benediktus. Sementara umat yang hadir melebihi bangku yang disediakan oleh panitia.

Paduan suara Kring Sto Benediktus 
Yang menarik pada Jumat Agung  Gereja Katolik tidak merayakan perayaan Ekaristi misa mengapa demikian, karena pertama-tama di dalam Liturgi Jumat Agung fokus dan inti dari perayaan ialah sengsara dan wafat Tuhan kita Yesus Kristus.

Berikut penjelasan yang diambil dari TikTok salah satu Romo KWI.

Gereja menurut tradisi kuno mengajak umat Katolik. dimanapun pada saat hari Jumat Agung untuk mengenang sengsara dan wafat Tuhan kita Yesus Kristus di dalam proses mengenang sengsara dan wafat Tuhan kita Yesus Kristus.

Pada Jumat Agung itu dibagi menjadi 3 bagian penting yang pertama ibadat Sabda yang kedua penghormatan Salib dan yang ketiga upacara komuni atau perayaan komuni,   Hosti yang diterima pada saat ibadat Jumat Agung itu telah di konsekril menjadi tubuh dan darah Kristus pada saat perayaan ekaristi Kamis putih.

Nah perayaan komuni ini sendiri diterima hanya di dalam tata ibadah Jumat Agung, Jadi bagi mereka yang sedang sakit atau tidak dapat menerima komuni, apa bila mereka tidak mengikuti perayaan ibadah Jumat Agung atau mereka tidak dapat menerima komuni Kudus pada hari Jumat Agung.

Pada saat Jumat Agung semua umat Katolik wajib untuk melaksanakan pantang dan puasa, sekali lagi wajib untuk melaksanakan pantang dan puasa versi Gereja Katolik bukan versi gereja atau agama-agama lain.

Setelah hari Jumat Agung, selanjutnya hari Sabtu disebut hari Sabtu Sunyi dalam Gereja Katolik, dimana hari Sabtu disiapkan oleh Umat Katolik dengan siap menyambut Hari Paska yang biasanya dimulai pada mlm Minggu Paskah.

Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu kita untuk semakin menghayati perayaan perayaan penting di dalam gereja Katolik teristimewa pada saat Jumat Agung nanti terima kasih.

Editor PenJab Radio

Info ini bisa disimak di radio Dermaga 100 9 FM atau bisa didengarkan melalui HP Android Anda klik dermagafm.com di google chrome ya.

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya