Play
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar
dermagaFm | Radio Streaming Kalbar

Festival Keling Kumang : Promosikan Budaya Lokal

Salah satu acaranya, penyerahan surat pengakuan Masyarakat Adat Suku Desa, oleh Bupati Sekadau kepada Temenggung Adat Desa Tapang Semadak. 
Sekadau, dermagafm.com - Festival Keling Kumang di Taman Kelampiau Tapang Sambas  Tapang Kemayau, dalam rangka ultah ke 30, telah dibuka oleh Bupati Sekadau Aron SH, pada hari Kamis 23 Maret 2023

Acara Festival Keling Kumang yang dilaksanakan pertama kali ini kegiatan nya berturut-turut tiga hari mulai hari ini Kamis 23 Maret 2023 ini  menjadi menjadi ajang promosi seni dan budaya yang dikerjakan anggota CUKK selama 30 tahun,  saya berharap kepada masyarakat beramai-ramai dating untuk menyaksikan festival ini. Hal ini dikatakan oleh Munaldus, Ketua sekaligus tokoh pendiri Pergerakan Keling Kumang yang disampaikan saat berikan sambutannya. 

"Perlombaan mulai hari ini sampai acara puncak nanti, akan diikuti masyarakat baik orang muda dan orang tua untuk unjuk kebolehan, kita harap dari lomba-lomba ini bisa mengorbitkan bakat-bakat yang ada baik bisnis maupun talenta lain dalam seni budaya, bukan tidak mungkin kelak dari ajang seperti ini bisa lahir orang-orang berbakat kemudian bisa tampil dikancah nasional. Selain ini nanti kami juga akan melaksanakan kegiatan Keling Kumang Fores Grand Festival yang berisi konser music dari musisi-musisi dalam dan luar negeri kususnya musisi-musisi Iban, jika ini terlaksana setiap tahun maka ada dua kunjungan wisata dating ke Sekadau dan event ini akan berdampak pada ekonomi Sekadau, "ujar nya. 

Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam,  dikesempatan yang sama mengucapkan selamat Ulang tahun ke-30, selamat melaksanakan festival semoga berjalan dengan baik tentunya sebagai DAD Kabupaten Sekadau tentunya bangga dan apresiasi atas kegitan yang dilaksanakan pada hari ini. Keling Kumang juga ingin menciptakan para pemimpin kususnya masyarakat dayak.Saya sebagai ketua DAD sangat menyambut baik kegiatan ini.

Ketua Pengurus Gerakan CU Keling Kumang Stepanus Masiun, mengatakan bahwa tahun ini mulai dengan Keling Kumang Festival yang dirangkaikan dengan Iban Summit II dan  Keling Kumang Festival bukan hanya peduli pada perekonomian saja.

"Tapi kita juga perhatian kepada social, budaya dan lingkungan, saya berharap dengan adanya festival ini bisa menumbuhkan kecintaan kita kepada alam semesta," katanya. 


Sementara itu Bupati juga berharap agar Festival Keling Kumang ini kedepannya menjadi agenda tahunan dan nanti akan dirancang bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau.

“Saya berharap Festival Keling Kumang ini ke depannya menjadi agenda tahunan dan nanti akan dirancang bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau. Perintah Daerah juga rencana tahun depan akan merancang jadwal kegiatan budaya di Kabupaten Sekadau, mungkin nanti gawai dayak ada jadwalnya Festival Keling Kumang ada Jadwalnya selain itu juga kita akan membuat jadwal kegiatan wisata di Batu Jatoh, itu yang akan menjadi agenda tahunan untuk tahun yang akan datang, hal ini dilakukan untuk menarik para Wisatawan local maupun wisatawan mancanegara,"lanjut Aron. 

Hadir pada acara tersebut Kadis Diporapar, Kadis Koperasi dan UKM, Kasat Pol PP, juga hadir sejumlah Dosen dari wilayah Kuching Sarawak yang akan menjadi narasumber pada Iban Summit II, juga hadit tokoh adat dan tokoh masyarakat di wilayah tersebut. Acara ini akan berakhir hari Sabtu malam tanggal 25 Maret 2023. 

Editor:Pen.jab radio

Info ini bisa disimak dari 100,9 FM atau di medsos radio dermaga, Tik Tok dan Facebook-nya

Tinggalkan Komentar

Berita Baru Berita Lainnya